Oleh : Amirul Ulum
Ketika ulama Nusantara bersinggungan dengan Haramain dalam menjaring keilmuan yang bertempat di Masjidil Haram dan Masjid an-Nabawi, banyak dari santri Jawi yag memerankan kencah keilmuan di sana, yang diakui oleh banyak kalangan dari berbagai penjuru dunia. Mereka ada yang menjadi imam di Masjidil Haram, khatib, dan pengajar di dalamnya. Mereka ada yang menjadi mufti dan mengajar di madrasah-madrasah ternama seperti Madrasah al-Falah, Shaulathiyyah, dan Dar al-Ulum. Di antaranya adalah Syaikh Abdul Hamid al-Qudsi, Syaikh Mahfudz al-Termasi, Sayyid Ali al-Banjari, Syaikh Ahmad Khatib al-Minangkabawi. Keempat ulama ini sangat akrab dengan Marga Syatha, seperti Sayyid Umar Syatha, Sayyid Ustman Syatha, dan Sayyid Abu Bakar Syatha (dalam istilah Kiai Maimoen Zubair sering disebut dengan Sayyid Bakri Syatha). Mereka adalah santri andalan Marga Syatha yang mempunyai prestasi gemilang. Bahkan ada kalangan Jawi yang diambil menantu oleh Marga Syatha, yaitu Syaikh Abdussyakur al-Sirbawi diambil menantu oleh Syaikh Muhammad Zainal Abidin Syatha, ayah dari Syaikh Abu Bakar Syatha.[1]
Selain keempat ulama di atas, masih banyak ulama Jawa yang mempunyai jaringan keilmuan dengan Marga Syatha, baik sebagai sahabat maupun murid. Marga Syatha dikenal akrab dengan santri Jawi. Keakrabannya tidak hanya ketika menjalani dirasah di Haramain, namun lebih daripada itu. Seperti halnya Sayyid Ustman Syatha, yang sangat perhatian dengan dakwah santri-santrinya yang sudah berkiprah di Nusantara.
Ketika Sayyid Ustman Syatha berkunjung ke Sumatra Barat, ia sempat mengunjungi daerah Minangkabau, tempat di mana salah satu murid andalannya, yaitu Syaikh Ahmad Khatib al-Minangkabawi. Waktu itu, al-Minangkabawi sedang dilema, apakah harus melanjutkan dirasahnya ke Haramain untuk kesekian kalinya atau cukup dengan keilmuan yang didapatkan yang kemudian diabdikan di tengah masyarakatnya. Orang tuanya sangat mengharapkan agar al-Minangkabawi tidak usah ke Haramain lagi. Mereka merasa sangat kesepian jika ia pergi lagi. Namun, setelah keluarganya dinasehati oleh Sayyid Ustman yang intinya bahwa al-Minangkabawi ini kelak akan menjadi sinar bagi bangsanya jika ia melanjutkan dirasahnya dan berkiprah di Haramain. Ia akan menjadi cahaya bagi umat. Apa yang diucapkan oleh Sayyid Ustman Syatha ini menjadi sebuah kenyataan. Al-Minangkabawi prestasinya sungguh membanggakan bangsanya. Ia satu-satunya ulama Nusantara yang pernah menjadi Mufti Mazhab Syafi’i di Hijaz. Selain itu, ia juga seorang khatib, imam, dan pengajar di Masjidil Haram.
Karena antara santri Jawi dengan Marga Syatha sudah terjalin keakraban, maka tidak mengherankan jika Marga Syatha saat hijrah atau berkunjung ke Nusantara untuk berdakwah, maka mereka disambut dengan antusias seperti Sayyid Shadaqah ibn Abdullah, Sayyid Hisyam Syatha, dan Sayyid Hamzah Syatha. Untuk nama yang terakhir ini, yakni Sayyid Hamzah Syatha, terbilang masih keponakan dari Sayyid Bakri Syatha, pengarang Kitab i’ânatu al-Thâlibin, sebuah kitab yang masyhur dan menjadi rujukan ulama Nusantara ketika hendak mempelajari kajian Mazhab Imam Syafi’i.
Sayyid Hamzah Syatha hijrah ke Nusantara disebabkan Haramain sedang dalam kondisi genting. kelompok Wahabi telah mengadakan kudeta kepada Syarief Makkah pada 1924 M. Dengan dikuasainya Haramain oleh kelompok Wahabi, maka banyak ulama Sunni yang mendapatkan perlakuan kurang baik, sehingga hal ini menyebabkan mereka banyak yang hijrah meninggalkan Haramain, seperti Syaikh Ibnu Maya’ba (guru Kiai Zubair Dahlan) yang hijrah ke Mesir dan Sayyid Hamzah Syatha yang hijrah ke Sedan, Rembang. Sebelum menyebarkan agama Islam di Sedan, ia sempat mukim di Bogor, Jawa Barat dan Malang, Jawa Timur.
Sayyid Hamzah Syatha hijrah ke Sedan ditemani oleh sahabatnya, Kiai Abdul Hamid. Sayyid Hamzah Syatha ini dikenal sebagai ulama yang tawaduk dan dermawan. Ia sering merdarmakan sebagian hartanya untuk membangun masjid atau tempat ibadah. Menurut sebuah catatan, masjid yang berdiri berkah sumbangsihnya ada sekitar 40-an.
Keseharian Sayyid Hamzah Syatha dijalani untuk amal kebajikan, seperti melanggengkan membaca al-Qur’an dan mulang ngaji, khususnya di Masjid Jami’ Sedan yang sekarang pengajiannya diteruskan oleh Kiai Haizul Ma’ali, salah satu santri Kiai Zubair Dahlan. Ia sangat menghormati orang alim. Salah satu ulama alim berdarah Sedan yang sangat ia segani adalah Kiai Abdusy Syakur al-Swidangi, ayah Kiai Abul Fadhal Senori.
Karena jasanya yang begitu besar bagi persebaran agama Islam ala Ahlissunnah wa al-Jamaah di Sedan, Rembang, maka tidak mengherankan jika acara haul Sayyid Hamzah Syatha ramai dikunjungi peziarah, yang bukan hanya dari wilayah Sedan saja. Ia dihauli setiap tanggal 23 Muharram. Ia wafat pada tahun 1940 M. []
NB : Tulisan ini dikutip dari buku Kebangkitan Ulama Rembang : Sumbangsih untuk Nusantara & Dunia Islam karya Amirul Ulum
[1] Biografi Syaikh Abu Bakar Syatha ditulis oleh santrinya yang berasal dari Nusantara (Palembang) yaitu Syaikh Aman Khatib al-Palimbani.