/>
Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!
Beli Buku

Pelurusan Kepada Video Ustaz Salman Ali

ustaz salman ali

Ustaz Salman Ali. Ustaz Salman Ali tidak betul atau salah, sama seperti ketika mendakwa Imam Thabari meyakini sifat khabariyah adalah muhkamat dan Imam Ibn Aqil al-Hanbali mensyirikkan istighosah.

Dua Riwayat Imam Malik

Terdapat dua riwayat dari Imam Malik terkait issu “kaifiyyah Allah”. Pertama, riwayat ucapan Imam Malik “kaifiyah ghairu ma’qul” atau “marfu’ah”. Kedua, riwayat “kaifiyah majhulah”.

Secara ringkas, riwayat pertama menyebut Allah tidak memiliki kaifiyah dan riwayat kedua menyebut Allah memiliki kaifiyah tetapi majhul (tidak diketahui).

Riwayat dari Imam Malik diatas yang pertama adalah shahih (banyak sekali diriwayatkan ulama’) dan riwayat kedua adalah dhaif (dhaif/syadz) dan hanya diriwayatkan bersanad oleh Imam Ibn Abdil Bar saja. Tetapi riwayat yang dhaif itulah yang digunakan Ibn Taimiyah dan kemudian diyakini pengikutnya, bahwa Allah memiliki kaifiyah tetapi majhul.

Sementara menurut Ahlussunnah wal Jama’ah, Allah tidak memiliki kaifiyah (jismiyah/keadaan jisim dan memiliki bentuk) sebagaimana riwayat yang shahih dari Imam Malik, sebab kaifiyah adalah karekteristik makhluk atau jisim. Adapun riwayat dhaif Ibn Abdil Bar yang menyebut Allah memiliki kaifiyah tetapi majhul. Maka, maksud kaifiyah tersebut adalah hakekat sifat. Jadi, hakekat sifat Allah adalah tidak diketahui. Lebih jelasnya silahkan buka kitab “At-Tajsim wal Mujassimah” tulisan Syaikh Abdul Fattah bin Shalih Qudaisy al-Yafi’i (hal. 37) dan “Al-Qaul at-Tamam” tulisan Syaikh Saif bin Ali al-Ashri (hal. 287).

Selain riwayat Imam Malik diatas, juga terdapat:

Beli Buku
  1. Atsar dari Ummu Salamah (Riwayat al-Ibanah li Ibn Baththah dan Syarah Usul Ahlissunnah wal Jama’ah li al-Lalakai).
  2. Atsar Ibn Abbas (Riwayat Fath al-Qadir li Ali asy-Syaukani).
  3. Atsar Rabi’ah (Riwayat Ibn Baththah dan lain-lain).

Dan secara kesimpulan, riwayat Imam Malik (yang shahih), Ummu Salamah, Ibn Abbas, dan Rabi’ah, semua menyebut “kaifiyah ghairu ma’qulah” (kaifiyah tidak logis/tidak mungkin bagi Allah).

Tetapi, dalam video Ustaz Salman Ali yang di share berikut:

https://fb.watch/iVVImsnDfa/

Dia menyatakan bahwa Rabi’ah (guru Imam Malik) menyebut: “kaifiyah Allah adalah majhul”. Riwayat ini, kata Ustaz Salman Ali menguatkan keyakinan Wahabi yang menyebut Allah memiliki kaifiyah tetapi majhul. Kalau tak keliru, pernyataan ini juga disampaikan dalam debat.

Kitab al-Ibanah

Saya telah membuka kitab “al-Ibanah” karangan Ibn Baththah (Cet. Dar ar-Rayah Riyadh), “Syarah Usul Ahlissunnah wal Jama’ah” karangan al-Lalakai (Cet. Dar ath-Thaibah Saudi), dan kitab “ats-Tsiqat” karangan al-Ajali (Cet. Maktabah ad-Dar Madinah) yang meriwayatkan perkataan Rabi’ah (Ibn Abi Abdirrahman). Dan hasilnya adalah sama seperti yang kami ketahui sebelumnya, yakni Rabi’ah menyebut “kaifiyah yang tidak ma’qul”, bukan “kaifiyah yang majhul” sebagaimana yang Ustaz Salman Ali dakwakan.

Riwayat Ibn Baththah (al-Ibanah VII/163):

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْقَاسِمِ بْنِ بَشَّارٍ النَّحْوِيُّ قَالَ: ثنا أَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ صَدَقَةَ قَالَ: ثنا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى الْقَطَّانُ، قَالَ: ثنا يَحْيَى بْنُ آدَمَ، عَنْ سُفْيَانَ بْنِ عُيَيْنَةَ، قَالَ: سُئِلَ ابْنُ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ قَوْلِهِ: {الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى} [طه: ٥]، قَالَ: ” الِاسْتِوَاءُ غَيْرُ مَجْهُولٍ، وَالْكَيْفُ ‌غَيْرُ ‌مَعْقُولٍ، وَمِنَ اللَّهِ تَعَالَى الرِّسَالَةُ، وَعَلَى النَّبِيِّ الْبَلَاغُ، وَعَلَيْنَا التَّصْدِيقُ

Riwayat al-Lalakai (Syarah Usul Ahlissunnah wal Jama’ah III/441):

Beli Buku

أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ الْقَاسِمِ بْنِ شَيْنَكٍ النَّهَاوَنْدِيُّ، قَالَ : ثَنَا أَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ مَحْمُودِ بْنِ يَحْيَى دَاوُدُ النَّهَاوَنْدِيُّ بِنَهَاوَنْدَ سَنَةَ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ وَثَلَاثِمِائَةٍ قَالَ: ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ صَدَقَةَ، قَالَ: ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ الْقَطَّانُ، عَنْ يَحْيَى بْنِ آدَمَ، عَنِ ابْنِ عُيَيْنَةَ، قَالَ: سُئِلَ رَبِيعَةُ عَنْ قَوْلِهِ {الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى} [طه: ٥] كَيْفَ اسْتَوَى؟ قَالَ: «الِاسْتِوَاءُ غَيْرُ مَجْهُوَلٍ وَالْكَيْفُ ‌غَيْرُ ‌مَعْقُولٍ , وَمِنَ اللَّهِ الرِّسَالَةُ وَعَلَى الرَّسُولِ الْبَلَاغُ , وَعَلَيْنَا التَّصْدِيقُ»

Riwayat al-Ajali (ats-Tsiqat I/358):

ربيعَة بن أبي عبد الرَّحْمَن مدنِي تَابِعِيّ ثِقَة حَدثنَا أَبُو مُسلم حَدثنَا أبي عبد الله قَالَ قيل لِرَبِيعَة بن أبي عبد الرَّحْمَن الرَّحْمَن على الْعَرْش اسْتَوَى كَيفَ اسْتَوَى قَالَ الاسْتوَاء مِنْهُ ‌غير ‌مَعْقُول وعلينا وَعَلَيْك التَّسْلِيم

Kesimpulan

Sementara saya katakan, ucapan Ustaz Salman Ali tidak betul atau salah, sama seperti ketika mendakwa Imam Thabari meyakini sifat khabariyah adalah muhkamat dan Imam Ibn Aqil al-Hanbali mensyirikkan istighosah.

Wallahu A’lam

 

By Nur Hidayat Muhammad

Baca juga tulisan Ustadz Nur Hidayat :

Beli Buku

Ibn Taimiyah dan Celaannya Kepada Ulama’

Catatan : Redaksi UNC telah mengedit tulisan ini tanpa menghilangkan unsur yang dimaksud penulis..

Share:
Beli Buku
Avatar photo

Ulama Nusantara Center

Melestarikan khazanah ulama Nusantara dan pemikirannya yang tertuang dalam kitab-kitab klasik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *