Buya Hamka menjelaskan kalau manusia itu sejenis hewan juga, tetapi Tuhan memberikan kelebihan pada manusia dengan akal. Salah satu ciri manusia adalah mempunyai akal. Lalu, apa tanda manusia mempunyai akal?

Tanda manusia mempunyai akal, sederhana, adalah menggunakan akalnya atau berpikir. Saat melihat suatu hal, manusia menggunakan akalnya, berpikir, baikkah atau burukkah.Manusia yang berakal, pandangannya luas melihat hal yang akan dilakukan apa baik atau malah buruk. Pandai memilih perkara yang memberi manfaat dan menjauhi yang akan menyakiti. Memilih mana yang lebih kekal walaupun sulit jalannya daripada yang mudah didapat padahal rapuh. Manusia berakal memandang keutamaan akhirat lebih daripada keutamaan dunia.

Buya Hamka mengatakan, “Kemanusiaan tidak ada pada yang lain, hanyalah ada pada manusia. Maka sekadar usaha manusia memperhalus perangai itu, sekadar itu pulalah tingkatan derajat kemanusiaannya, sehingga ada yang naik tingkatnya, membumbung tinggi, hampir mencapai derajat malaikat. Jika bertemu manusia yang demikian hanya rupanya yang rupa manusia, bentuk badannya dan wajahnya; adapun hatinya, jiwanya, sanubarinya, semuanya adalah hati sanubari dan jiwa malaikat.” Selamat membaca……!?

 

SPESIFIKASI BUKU :

Judul               : BUYA HAMKA : Pendidikan yang Memanusiakan

Penulis            : Moh. Rivaldi Abdul

Ukuran           : 13,5×20,5 cm

Tebal               :  xx + 156 (176)

ISBN               : 978-602-5653-69-8

Harga             : 55.000 IDR

Untuk info pemesanan silahkan hubungi ke 0856-0118-9556 (via WA/SMS/ Phone). Terima kasih atas kerjasamanya.